Berangsur-angsur sejarah tenggelam dan keyakinan tak lagi sekadar iman melainkan juga percaya kepada kejadian-kejadian yang dibuat oleh manusia. Sedari dini, kemungkinan wajib ditannamkan oleh yang menang, sehingga ajaran lama hanya menjadi mitos dan tak lagi dipercaya.

Kita kerapkali lupa, hal utama adalah memegang teguh kebiasaan lama. Menjaga wasiat pada leluhur dan mengambil manfaat dari yang baru tanpa menghilangkan nasihat-nasihat lama. Peradaban yang diperlihatkan oleh nenek moyang sebenarnya jauh lebih maju, hanya saja karena kepentingan beberapa orang, semuanya menjadi legenda bahkan menjadi cerita yang tak lagi dipercaya.

Ada usaha-usaha yang selalu ditabahkan meski hasil tak seperti yang direncanakan dan akan selalu ada doa-doa yang tak henti-hentinya ditasbihkan dengan harapan mampu memberikan ketenangan dan kelapangan. Untuk segala urusan, semoga Tuhan memberkati.

Kami tidak berharap lebih, hanya ingin berbagi pengalaman juga beberapa hal yang hendak dicapai. Perkembangan zaman yang terus bergerak kencang dan perubahan-perubahan yang tak bisa diperhitungkan dengan sempurna menjadikan salah satu alasan mengapa Kamitua Manggala ada.

Kamitua Manggala, Cita-Cita dan Doa

Kamitua diserap dari Bahasa Jawa, yaitu Kamituwo yang memiliki tugas dan kewajiban untuk memerintah di sebuah dusun. Sedangkan Manggala sendiri dikurasi dari arti pertama, yaitu pengantar puji-pujian.

Tentang Kamitua Manggala

Lalu mengapa Kamitua Manggala dipilih sebagai nama? Alasan yang 1) Ingin mewujudkan cita-cita pribadi dan masyarakat untuk tak pernah melupakan sejarah. Sehingga kelak bisa diteruskan sampai anak cucu; 2) Ingin mewujudkan harapan banyak orang dalam pendidikan, budaya, dan ekonomi kreatif. Keinginan dan cita-cita besar lainnya adalah 3) ingin menjawab tantangan zaman dengan tetap mempertahankan kebudayaan dan mengambil manfaat dari perkembangan juga perubahan yang terjadi sepanjang waktunya.

Kamitua Manggala adalah ide, gagasan, dan konsep pemikiran yang diberikan oleh beberapa penerus bangsa tanpa maksud menghilangkan keinginan maupun cita-cita luhur para pendahulu. Ide, gagasan, dan konsep yang dimaksud sendiri adalah bagaimana tindakan serta pemahaman yang diserap kemudian disalurkan melalui media sebagai bentuk pengetahuan, informasi, dan cara berbagi.

Kamitua Manggala diluncurkan pada 01 Agustus 2020 dan dirumuskan bersama pada 01 Juli 2020. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, tujuan dari Kamitua Manggala untuk mengimplementasikan pegetahuan yang diperoleh dengan mempertimbangkan bidang-bidang yang memang dijadikan fokus oleh Kamitua Manggala.

Bidang yang dipilih oleh Kamitua Manggala sebagai media adalah Sejarah, Ekonomi, Pendidikan, dan Budaya serta perkembangan-perkembangan yang bisa dipertimbangkan dengan tetap mempertahankan keilmiahannya. Selain itu, akan ada artikel-artikel yang memang dikaji khusus sebagai salah satu alternatif dan informasi tambahan.

Pada perkembangnannya kelak, Kamitua Manggala semoga menjadi salah satu pusat informasi tentang media dan perkembangan ekonomi juga pendidikan serta budaya di Indonesia. Semoga kedatangan kami disambut baik dan untuk kami mampu memberikan yang terbaik tanpa menghilangkan mana yang baik dan benar. Terakhir, semoga Tuhan meridai. Amin.

Surat Elektronik: kamituamanggala@gmail.com | Narahubung: +62 822-6508-2524 | Sosial Media: Facebook (@kamituaofficial) Instagram (@kamituamanggala)

Salam Sejahtera, Penerus Bangsa. Jadilah bijak dan berperilakulah yang adil tanpa pernah lupa cita-cita luhur yang ditinggalkan pendiri bangsa ini.